p7xhMSO4O9fyfib8OANOxXym2LUEvDesKq0YUJbG
Pilih Warna Tema
Bookmark

Cara Menstabilkan Video Yang Goyang di Android

Cara Menstabilkan Video
Cara Menstabilkan Video Yang Goyang di Android

Menstabilkan video yang goyang di HP Android dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti Google Video Stabilizer, Google Photos, Capcut dan masih banyak lagi aplikasi stabilizer video lainnya yang berguna untuk menstabilkan video yang goyang di Android. Cara menstabilkan video di Android ini biasanya dilakukan jika kita merekam sebuah video menggunakan perangkat yang tidak dilengkapi fitur stabilisasi video atau bisa disebut denggan EIS. Sehingga rekaman video yang dihasilkan goyang-goyang atau bahkan bergetar.

Di artikel kali ini saya akan bahas beberapa cara menstabilkan video yang goyang di Android dengan mudah. Penasaran gimana cara menstabilkan video yang goyang di Android? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Menstabilkan Video Yang Goyang di Android

Hasil perekaman video yang goyang di Android sudah menjadi hal yang lumrah dan sering terjadi. Hal ini dikarenakan mayoritas perangkat Android yang digunakan tidak dilengkapi dengan fitur stabilizer atau EIS (Electronic Image Stabilizer). Walaupun begitu, kamu tetap bisa mendapatkan hasil perekaman video yang stabil dengan bantuan beberapa aplikasi stabilizer video yang ada di internet.

Berikut cara menstabilkan video yang goyang di Android dan rekomendasi aplikasi stabilizer video terbaik dan gratis untuk menstabilkan video yang goyang dan getar di Android.

Rekam Menggunakan Aplikasi Google Camera GCam

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi kamera besutan Google yang satu ini. Menjadi aplikasi kamera terbaik yang banyak diminati dan digunakan oleh user Android hingga sekarang. Aplikasi Google Camera sendiri merupakan aplikasi kamera buatan Google yang dibuat dan dikembangkan khusus untuk perangkat Pixel saja, yaitu Google Pixel.

Dalam aplikasi Google Camera GCam ini banyak sekali fitur-fitur canggih yang mampu meningkatkan kualitas jepretan foto dan perekaman video. Fitur canggih yang paling diincar dari aplikasi Google Camera GCam ini adalah stabilisasi perekaman video yang membuat hasil perekaman video kamu menjadi lebih stabil dan smooth walaupun pada dasarnya smartphone kamu tidak dilengkapi fitur stabilizer atau EIS.

Kok bisa? Yah, hal ini dikarenakan software yang digunakan pada aplikasi Google Camera GCam tersebut dapat merubah kualitas perekaman video kamu agar hasilnya lebih stabil dan smooth. Hal ini sama seperti fitur stabilitas pada aplikasi Google Foto. Kamu bisa pakai aplikasi Google Camera GCam ini agar kualitas perekaman video lebih bagus, stabil dan smooth walaupun smartphone yang kamu gunakan bukan perangkat Google Pixel.

Untuk aplikasi Google Camera GCam sendiri ada banyak sekali versi GCam MOD yang bisa kamu gunakan di Android selain Pixel. Kamu bisa baca tutorial cara instal GCam di Android dan rekomendasi GCam terbaik beserta config GCam di artikel berikut.

Stabilkan Video di Google Foto

Selain menggunakan aplikasi Google Camera GCam, kamu juga bisa menstabilkan video di Google Foto. Selain berguna untuk menyimpan, melihat foto yang sudah dihapus dan mengedit foto serta video, Google Foto atau Google Photos juga tersedia fitur auto stabilizer yang mampu menstabilkan video agar lebih stabil dan smooth tanpa mengorbankan kualitas video. Untuk cara menstabilkan video di Google Foto, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama silakan download terlebih dahulu aplikasi Google Photos melalui Play Store. Namun biasanya aplikasi ini sudah tersedia di beberapa perangkat Android sebagai aplikasi bawaan.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Google Foto lalu cari video yang ingin distabilkan.
  3. Setelah itu klik pada tulisan Edit untuk mengedit video.
    Cara Menstabilkan Video di Google Foto
    Cara Menstabilkan Video di Google Foto
  4. Kemudian klik ikon Stabilizer seperti gambar di bawah ini untuk menstabilkan video secara otomatis.
    Cara Menstabilkan Video di Google Foto
    Cara Menstabilkan Video di Google Foto
  5. Setelah proses stabilisasi video berhasil, ikon Stabilizer akan berubah menjadi warna biru seperti gambar di bawah ini.
    Cara Menstabilkan Video di Android
    Cara Menstabilkan Video di Android
  6. Klik tombol Simpan Salinan untuk menyimpan hasil video yang sudah distabilkan ke dalam galeri.
  7. Cek kualitas video yang sudah distabilkan. Jika hasilnya masih kurang stabil, kamu bisa stabilkan kembali hasil video yang sudah distabilkan dan terus ulangi cara tersebut hingga video stabil sempurna seperti yang kamu inginkan.

Stabilkan Video di Capcut

Salah satu fitur canggih pada aplikasi Capcut adalah fitur auto stabilizer videonya yang mampu menstabilkan video yang goyang menjadi lebih stabil dan smooth dengan instan. Hasil video yang sudah distabilkan juga tidak kalah bagus dengan hasil video yang distabilkan menggunakan aplikasi Google Foto. Selain itu, kamu juga bisa menentukan sendiri resolusi video yang ingin disimpan ke galeri nantinya, 480p, 720p atau 1080p.

Untuk cara menstabilkan video di Capcut, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertam-tama pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Capcut. Kamu bisa download di Play Store atau melalui tautan yang sudah saya sediakan di bawah ini.
  2. Jika sudah diinstal, buka aplikasi Capcut kemudian buat proyek pengeditan baru lalu unggah video yang ingin distabilkan di Capcut.
  3. Cara Menstabilkan Video Yang Goyang
    Cara Menstabilkan Video Yang Goyang di Capcut
  4. Setelah video berhasil diunggah, cari bilah Alat kemudian pilih Stabilkan lalu tentukan hingga mana video yang ingin distabilkan dengan menggeser videonya.
  5. Cara Menstabilkan Video di Capcut
    Cara Menstabilkan Video Yang Goyang di Capcut
  6. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan penstabilan video yang bisa kamu pilih. Yaitu pemangkasan minimal, direkomendasikan dan yang terakhir paling stabil. Untuk mendapatkan hasil stabilitas video yang bagus, saya sarankan pilih opsi direkomendasikan agar hasil videonya tidak getar.
  7. Cara Menstabilkan Video di Android
    Cara Menstabilkan Video Yang Goyang di Android
  8. Tunggu saja hingga proses stabilisasi video selesai. Sembari menunggu video distabilkan, kamu tetap bisa mengedit video hingga proses stabilisasi video berhasil.
  9. Sampai di tahap ini kamu sudah berhasil menstabilkan video yang goyang di Capcut. Terakhir tinggal simpan saja hasil video yang sudah distabilkan lalu pilih resolusi yang kamu inginkan.
  10. Agar video yang diedit di aplikasi Capcut tidak ada watermark Capcut, tap pada video kemudian geser ke kanan hingga akhir video. Di akhir video terdapat cuplikan watermark Capcut dengan warna background hitam. Kamu bisa hapus cuplikan watermark Capcut tersebut dengan mengklik ikon sampah.
  11. Cara Menstabilkan Video Yang Goyang
    Cara Menstabilkan Video Yang Goyang di Capcut
  12. Selesai!

Stabilkan Video Menggunakan Aplikasi Deshake

Deshake adalah aplikasi stabilizer video yang dapat memperbaiki semua video yang bergoyang dan bergetar secara realtime dan instan. Hasil video yang distabilkan menggunakan aplikasi Deshake ini juga tidak kalah bagus dengan aplikasi stabilizer video Google Foto. Kamu dapat menentukan sendiri resolusi stabilisasi video sesuai keinginan kamu. Kamu bisa dapatkan aplikasi Deshake stabilizer video ini di Play Store secara gratis. Untuk cara menstabilkan video di Deshake, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Download aplikasi Deshake Stabilizer Video di Play Store.
  2. Setelah itu unggah video yang ingin distabilkan menggunakan Deshake Stabilizer Video.
  3. Setelah proses upload selesai, atur seberapa stabil video dan tentukan juga resolusi videonya.
  4. Tunggu proses penstabilan video hingga selesai. Biasanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit saja.
  5. Jika video berhasil distabilkan, ekspor hasil videonya ke galeri ponsel kamu kemudian lihat perbedaannya.

Stabilkan Menggunakan Aplikasi Video Smoother Stabilizer

Seperti namanya, aplikasi Video Smoother Stabilizer ini berguna untuk menstabilkan video yang goyang dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini adalah aplikasi tiruan dari Movie Stiller pada perangkat iOS. Dengan menggunakan aplikasi Video Smoother Stabilizer ini kamu dapat menstabilkan video yang goyang menjadi lebih stabil layaknya video yang direkam menggunakan perangkat stabilisasi. Berikut cara menstabilkan video yang goyang menggunakan aplikasi Video Smoother Stabilizer di Android.

  1. Download dan instal terlebih dahulu aplikasi Video Smoother Stabilizer di Play Store. Aplikasi ini gratis kok.
  2. Setelah itu upload video yang ingin distabilkan.
  3. Kemudian pilih resolusi video dengan mengklik pengaturan.
  4. Kemudian tentukan juga seberapa stabil video yang ingin distabilkan.
  5. Jika sudah, kamu bisa simpan hasil video yang sudah distabilkan ke galeri ponsel kamu dengan mengklik ikon save.

Rekomendasi Aplikasi Stabilizer Video Terbaik Untuk Android

Itu dia beberapa cara menstabilkan video yang goyang di Android menggunakan aplikasi Google Foto, Capcut, Video Smoother Stabilizer dan Deshake. Selain aplikasi stabilizer video tersebut, sebetulnya masih banyak lagi aplikasi auto stabilizer yang bisa kamu gunakan untuk menstabilkan video yang goyang. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi stabilizer video yang bisa kamu coba untuk menstabilkan video yang goyang di Android.

  1. Open Camera
  2. GoPro Quick
  3. Microsoft Hyperlapse Mobile
  4. Shaky Video Stabilizer
  5. Meitu
  6. Emulsio Video Stabilizer
  7. Video Stabilizer for KineMaster

Mana Hasil Video Yang Paling Stabil dari Google Foto, Capcut dan Aplikasi Stabilizer Video Lainnya?

Sejauh ini, hasil stabilisasi video yang paling smooth dan stabil adalah hasil video yang distabilkan menggunakan aplikaso Google Foto dibandingkan aplikasi stabilizer video lainnya seperti Capcut, Deshake, Shaky Stabilizer Video dan lainnya. Stabilisasi yang dihasilkan jauh lebih rapih, smooth dan minim getaran. Kamu bisa coba sendiri deh perbandingannya.

TAMBAHAN:

Di bawah ini ada video tutorial lengkap cara menstabilkan video yang goyang di Stabilizer Video for KineMaster.

Kesimpulan

Dengan menggunakan aplikasi stabilizer video di atas, kamu bisa menstabilkan video yang goyang di Android dengan mudah. Namun perlu diingat, hasil video yang sudah distabilkan mungkin akan berbeda-beda tergantung seberapa parahnya goyangan pada video asli kamu.

Jika video yang distabilkan memiliki goyangan yang cukup parah, maka hasil video yang distabilkan mungkin akan sedikit bergetar dan tidak smooth. Semoga informasi dan tutorial yang diberikan di artikel ini bisa bermanfaat dan membantu.

Google Video Stabilizer
Cara Stabilizer Video
Cara Menstabilkan Video di Google Foto
Stabilkan Video di Google
Aplikasi Stabilizer Video iOS
Stabilizer Video iPhone
Google Stabilizer Video
Komentar

Posting Komentar

Sebelum memposting komentar, harap baca kebijakan berkomentar terlebih dulu.

1. Untuk menulis kode syntax highlighter, gunakan <em>KODE SYNTAX</em> (kode harus di parse terlebih dulu).
2. Untuk menyisipkan gambar dalam komentar, gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>.
3. Untuk menulis tautan, gunakan <a href='URL WEB TUJUAN'>Anchor Teks</a>.
4. Untuk menulis sebuah quote / kutipuan, gunakan <i rel="quote">TULIS QUOTE DI SINI</i>.
5. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi yang dikirim langsung ke email saat ada yang membalas komentar kamu.