p7xhMSO4O9fyfib8OANOxXym2LUEvDesKq0YUJbG
Pilih Warna Tema
Bookmark

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Ke WhatsApp: Diblokir / Memerlukan Versi Resmi

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk WhatsApp
Cara Mengembalikan Nomor WhatsApp Diblokir / Memerlukan WhatsApp Versi Resmi

Jika kamu membuka postingan ini, itu artinya kamu sedang mangalami masalah tidak bisa masuk ke WhatsApp karena nomor diblokir atau memerlukan WhatsApp versi resmi, kan? Masalah ini banyak dialami oleh pengguna WhatsApp, baik itu pengguna WhatsApp biasa ataupun pengguna WhatsApp untuk bisnis. Hal ini dikarenakan pembaruan dari pihak WhatsApp itu sendiri yang mengharuskan semua pengguna untuk menggunakan aplikasi WhatsApp versi resmi yang tersedia di Play Store, App Store atau situs resmi WhatsApp itu sendiri.

Kehilangan akun WhatsApp tentu saja akan menjadi masalah yang sangat merepotkan. Terlebih lagi jika akun WhatsApp yang digunakan untuk keperluan bisnis dan memiliki percakapan serta daftar kontak yang penting. Masalah tidak dapat masuk ke WhatsApp disebabkan karena nomor diblokir atau memerlukan WhatsApp versi resmi ini juga saya alami sendiri.

Awalnya saya dikeluarkan dari akun WhatsApp saya secara tiba-tiba. Kemudian saya mencoba masuk kembali menggunakan nomor yang sama tetapi ketika proses verifikasi kode OTP malah menampilkan notifikasi peringatan "Anda Memerlukan WhatsApp Versi Resmi Untuk Menggunakan Akun Ini". Padahal saya menggunakan WhatsApp resmi yang diinstal melalui Play Store langsung. Yah, mungkin hal ini terjadi dikarenakan sebelumnya saya pernah mencoba mendaftarkan nomor WhatsApp di aplikasi WhatsApp Mod seperti MBWhatsApp iOS.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah yang sama seperti saya, kamu bisa coba beberapa cara serta tips untuk memilihkan kembali akun WhatsApp kamu yang tidak dapat digunakan karena diblokir atau hal lainnya. Cara ini dapat dicoba di berbagai device Android maupun iPhone. Tapi sebelum lanjut ke cara mengembalikan nomor WhatsApp yang diblokir atau memerlukan WhatsApp versi resmi, sebaiknya kamu cari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Karena kasus ini bisa terjadi karena banyak hal. Berikut beberapa alasan mengapa nomor WhatsApp kamu diblokir atau tidak dapat login karena memerlukan WhatsApp versi resmi.

5 Alasan Tidak Dapat Masuk Ke WhatsApp (Diblokir / Memerlukan WhatsApp Resmi)

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Diblokir
Tampilan Peringatan WhatsApp Diblokir/Memerlukan WhatsApp Resmi

Ada banyak alasan mengapa akun WhatsApp tidak dapat digunakan lagi atau bahkan hingga diblokir. Alasan ini memicu pada perilaku pengguna WhatsApp itu sendiri. Bisa jadi karena pengguna tersebut telah melanggar kebijakan serta syarat dan ketentuan WhatsApp yang telah ditetapkan atau bisa juga disebabkan banyaknya pengguna WhatsApp yang melaporkan akun kamu dengan berbagai macam alasan. Berikut beberapa alasan yang dapat menyebabkan akun WhatsApp kamu diblokir dan tidak dapat digunakan kembali.

Melalukan Aktivitas Yang Melanggar Privasi (Spam, Pencurian Data, Mengirim File Virus, dll)

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan privasi pengguna. Jadi jika kamu melalukan aktivitas yang melanggar seperti mengirim banyak pesan secara bersamaan dalam waktu yang berdekatan (spam chat) atau mengirimkan sebuah file berbahaya yang dapat merugikan keamanan privasi pengguna lain, WhatsApp bisa saja memblokir akun WhatsApp kamu secara permanen yang disebabkan karena hal tersebut.

Pemblokiran akun yang disebabkan karena pelanggaran ini biasanya akan menampilkan peringatan "Akun Ini Tidak Diizinkan Untuk Menggunakan WhatsApp" dan pemblokiran ini bersifat permanen.

Menyalahgunakan Aplikasi (Membagikan Konten Tidak Pantas)

Penyalahgunaan platform aplikasi WhatsApp dapat berakibat akun WhatsApp kamu diblokir secara permanen dan tidak dapat dipulihkan kembali. Hal ini tentunya termasuk pelanggaran pada kebijakan WhatsApp yang telah ditetapkan. Jika kamu sebelumnya melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, maka bisa dipastikan akun WhatsApp kamu tidak dapat digunakan kembali karena WhatsApp akan memblokir secara permanen.

Pemblokiran akun yang disebabkan karena pelanggaran ini biasanya akan menampilkan peringatan "Akun Ini Tidak Diizinkan Untuk Menggunakan WhatsApp" dan pemblokiran ini juga bersifat permanen.

Menggunakan Perangkat dengan Custom ROM atau Root

Banyak orang tidak memperhatikan poin yang satu ini. WhatsApp dapat mendeteksi setiap perangkat yang digunakan oleh pengguna dan memastikan bahwa perangkat yang digunakan adalah perangkat resmi dan aman. Perangkat yang sudah di custom ROM atau root akan mengakibatkan keamanan WhatsApp tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, WhatsApp mencegah penggunakan akun WhatsApp pada perangkat yang sudah dikustomisasi seperti custom ROM dan root. Hal ini telah disampaikan oleh pihak WhatsApp pada halaman pusat bantuan resmi. Kamu bisa membaca informasi lengkapnya di sini.

Hal ini juga yang menjadi alasan utama saya tidak dapat masuk ke akun WhatsApp saya. Selain pernah menggunakan WhatsApp tidak resmi, perangkat yang saya gunakan untuk masuk ke akun WhatsApp juga merupakan perangkat yang sudah dikustomisasi (root). Sehingga WhatsApp selalu mendeteksi bahwa aplikasi yang digunakan bukan aplikasi resmi. Karena setelah saya mencoba masuk pada perangkat yang berbeda, akun WhatsApp dapat digunakan kembali seperti dulu. Namun jika masuk kembali pada perangkat sebelumnya yang sudah di root, notif peringatan "Anda Memerlukan WhatsApp Versi Resmi Untuk Masuk" muncul kembali.

Versi WhatsApp Sudah Usang / Versi Android Tidak Mendukung

Menggunakan aplikasi WhatsApp versi lawas atau menggunakan perangkat dengan versi OS yang sudah lawas juga dapat menyebabkan kita tidak dapat masuk ke akun WhatsApp. Hal ini dikarenakan kebijakan pihak WhatsApp tentang minimum spesifikasi untuk dapat menggunakan aplikasi. Untuk minimum versi OS Android agar dapat menggunakan WhatsApp adalah Android versi 5.0 dan yang lebih baru. Jika perangkat yang kamu gunakan tidak mendukung, biasanya akan menampilkan notifikasi "WhatsApp Tidak Dapat Terhubung" atau "Perangkat Anda Tidak Mendukung".

Kesalahan Server WhatsApp

Masalah tidak dapat masuk WhatsApp juga bisa disebabkan karena adanya masalah eror pada server WhatsApp itu sendiri. Biasanya, ketika kamu tidak dapat masuk ke WhatsApp karena terjadi kesalahan server akan menampilkan notifikasi peringatan "Tidak Dapat Terhubung Ke WhatsApp". Atau bisa juga disebabkan karena penumpukan file cache aplikasi dalam perangkat yang menyebabkan aplikasi tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengecek apakah server sistem WhatsApp sedang ada masalah atau tidak, kamu bisa cek pada menu "Bantuan" kemudian klik "Periksa Status". Di sana akan muncul keterangan mengenai sistem WhatsApp secara real-time apakah sedang ada gangguan atau tidak.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Ke WhatsApp: Nomor Diblokir / Memerlukan Aplikasi Versi Resmi

Setelah memahami beberapa alasan penyebab tidak bisa masuk ke WhatsApp dan penyebab WhatsApp diblokir, mari selesaikan masalah tersebut dengan beberapa cara ampuh di bawah ini.

Update Aplikasi WhatsApp & Update OS Android

Hal pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi tidak dapat masuk ke WhatsApp adalah dengan menginstal update aplikasi WhatsApp melalui Play Store, App Store atau melalui situs resmi WhatsApp langsung. Hal ini dapat mengatasi beberapa masalah yang sedang kamu alami jika masalah tersebut terjadi pada aplikasi WhatsApp seperti versi aplikasi yang sudah usang dan tidak didukung lagi. Dan cara ini juga berlaku jika sebelumnya kamu pernah menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi atau WhatsApp Mod.

Selain itu, coba juga untuk melalukan update software pada perangkat Android kamu ke versi yang lebih baru. Terkadang beberapa aplikasi dapat berhenti berfungsi dan tidak kompatibel jika versi perangkat yang digunakan sudah terlalu lawas. Oleh karena itu, cobalah untuk mengupdate software perangkat kamu kemudian coba masuk kembali ke aplikasi WhatsApp.

Bersihkan Cache Aplikasi

Terkadang file cache aplikasi yang menumpuk juga dapat menyebabkan beberapa fungsi pada aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan cache aplikasi WhatsApp secara rutin agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik.

Instal Ulang WhatsApp

Jika kamu mengalami masalah tidak dapat masuk ke WhatsApp disebabkan karena sebelumnya pernah menggunakan WhatsApp tidak resmi (WhatsApp Mod), kamu bisa coba cara yang satu ini. Dipembaruan WhatsApp sekarang, mereka dapat mendeteksi akun pengguna yang menggunakan nomornya pada aplikasi yang tidak resmi seperti WhatsApp Mod. Jika hal ini sudah terjadi, WhatsApp akan memblokir kamu untuk mengakses aplikasi WhatsApp secara permanen walaupun kamu sudah beralih ke WhatsApp versi resmi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa coba hapus data pada aplikasi WhatsApp Mod terlebih dahulu kemudian hapus WhatsApp Mod (hapus aplikasinya melalui Play Store). Jika WhatsApp Mod sudah terhapus secara permanen dari perangkat, kamu bisa instal ulang aplikasi WhatsApp resmi melalui Play Store atau situs web resmi WhatsApp. Hal ini dapat memulihkan kembali akun WhatsApp kamu yang tidak dapat digunakan karena memerlukan WhatsApp versi resmi.

Jika kamu tetap ingin menggunakan aplikasi WhatsApp Mod tanpa menghapus aplikasi WhatsApp versi resmi (menggunakan dua versi WhatsApp secara bersamaan, kamu bisa coba dan ikuti tutorial cara menggunakan WhatsApp Mod terbaru tanpa diblokir yang ada di artikel sebelumnya.

Gunakan Perangkat Yang Berbeda

Jika sudah melakukan semua cara di atas namun tetap tidak bisa masuk ke WhatsApp dengan peringatan memerlukan WhatsApp versi resmi, kamu bisa coba daftarkan nomor WhatsApp di perangkat yang berbeda dan pastikan perangkat ponsel tersebut dalam keadaan tidak di root atau custom ROM. Atau, jika kamu tidak memiliki ponsel lain sebagai percobaan, kamu bisa coba reset semua pengaturan ponsel seperti reset ke setelan pabrik atau lakukan unroot.

Jika nomor WhatsApp kamu dapat digunakan pada perangkat yang baru, maka kemungkinan besar ponsel yang kamu gunakan merupakan ponsel yang sudah dikustomisasikan (custom ROM) atau dalam keadaan sudah di root. Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, WhatsApp akan membatasi penggunaan WhatsApp pada perangkat yang sudah dikustomisasikan seperti custom ROM atau root karena dapat membahayakan keamanan data privasi penggunanya.

Ajukan Permohonan Banding

Cara terakhir jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah WhatsApp yang diblokir adalah dengan mengajukan permohonan banding akun WhatsApp yang sudah diblokir (sementara atau permanen). Cara ini adalah solisi satu-satunya jika akun WhatsApp kamu sudah diblokir secara permanen yang disebabkan karena melakukan pelanggaran kebijakan WhatsApp.

Untuk mengajukan permohonan banding akun yang terblokir, kirim pesan permohonan banding akun melalui email resmi WhatsApp ke [email protected] atau dengan mengisi formulir di halaman pusat bantuan WhatsApp. Jika permohonan banding yang kamu ajukan disetujui oleh pihak WhatsApp, kamu akan melihat notifikasi "Akun Ini Telah Dipulihkan Kembali" pada aplikasi WhatsApp setelah berhasil masuk.

Penutup

Itu dia 5 alasan dan cara mengatasi tidak bisa masuk ke WhatsApp yang disebabkan karena nomor diblokir (permanen atay sementara) atau memerlukan WhatsApp versi resmi. Dengan mengikuti cara-cara yang sudah disebutkan di atas, kamu dapat menggunakan kembali nomor WhatsApp yang sudah diblokir atau nomor WhatsApp yang dibatasi karena menggunakan WhatsApp Mod. Semoga informasi yang disampaikan di artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait masalah tidak dapat masuk ke WhatsApp, kamu bisa tanyakan di kolom komentar.

Komentar

Posting Komentar

Sebelum memposting komentar, harap baca kebijakan berkomentar terlebih dulu.

1. Untuk menulis kode syntax highlighter, gunakan <em>KODE SYNTAX</em> (kode harus di parse terlebih dulu).
2. Untuk menyisipkan gambar dalam komentar, gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>.
3. Untuk menulis tautan, gunakan <a href='URL WEB TUJUAN'>Anchor Teks</a>.
4. Untuk menulis sebuah quote / kutipuan, gunakan <i rel="quote">TULIS QUOTE DI SINI</i>.
5. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi yang dikirim langsung ke email saat ada yang membalas komentar kamu.